LOMBA MURAL EDUKASI DALAM RANGKA MEWUJUDKAN SEKOLAH SEHAT

Selasa, 2 April 2019, siswa kelas X SMK Negeri 1 Bantul mengikuti lomba mural edukasi. Lomba tersebut diselenggarakan divisi anti narkoba dan bebas asap rokok sekolah sehat SMK Negeri 1 Bantul. Lomba yang berlangsung selama tiga hari tersebut berjalan lancar. Panitia sempat was-was mengingat curah hujan akhir-akhir ini cukup tinggi. Namun, kondisi justru sebaliknya, cuaca cerah bahkan cukup terik. Meski demikian. Terik sinarr matahari tak menyurutkan semangat siswa dalam berkarya. 

Lomba mural ini dilatar belakangi beberapa alasan, antara lain 1) memberikan ruang kreativitas bagi siswa agar menyalurkan bakatnya dalam hal positif; 2) berkontribusi dalam penilaian lomba sekolah sehat dengan menggunakan mural sebagai media edukasi; dan 3) tindak lanjut dari lomba mural pertama yang mendapat apresiasi positif dari pengawas dan kepala sekolah. 

Lomba mural ini dibagi menjadi tiga subtema, yaitu global warming,  sampah, dan batik khas Yogyakarta. Penentuan subtema didasari masukan dari pengawas lomba sekolah sehat. Selain itu, panitia berharap mural yang telah dibuat sesuai tema tersebut dapat menjadi edukasi bagi seluruh siswa untuk mengantisipasi global warming, membuang sampah pada tempatnya, dan mengetahui ragam batik khas Yogyakarta. 

Lomba yang menggunakan dinding barat SMK Negeri 1 Bantul sebagai media ini mendapat apresiasi luar biasa baik dari siswa maupun dari guru. Bapak Sukardi dalam sebuah kesempatan menyampaikan kekagumannya. “Wah jan apik-apik banget mas, salut sama anak-anak, jan kreatif tenan” begitu kata beliau.

 

Narasumber : Rahmat Hidayat, S.Pd., M.Pd.